Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Di Rumah Makan Geprek Sako Blora Tahun 2021Strategi pemasaran yaitu alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan

Authors

  • Arim Irsyadulloh Albin Jaya Manajemen Bisnis Syariah, Sekolah Tinggi Agama Islam Khozinatul Ulum Blora
  • Lia Nurussamsiyah Manajemen Bisnis Syariah, Sekolah Tinggi Agama Islam Khozinatul Ulum Blora
  • M. Eko Nur Syafi'i Manajemen Bisnis Syariah, Sekolah Tinggi Agama Islam Khozinatul Ulum Blora

Abstract

Strategi pemasaran yaitu alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran yang bersangkutan. Strategi pemasaran juga dipandang sebagai rencana untuk memaksimumkan peluang meraih bisnis yang ditargetkan melalui pengeloaan factor-faktor yang dapat dikendalikan perusahaan, seperti desain produk, periklanan, pengendalian biaya, dan pengetahuan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan Rumah Makan Geprek Sako Blora tahun 2021. (2) Untuk mengetahui penerapan strategi dalam meningkatkan omset penjualan yang di gunakan Rumah Makan Geprek Sako Blora tahun 2021. Penelitan ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Rumah Makan Geprek Sako Blora, waktu penelitian dimulai dari bulan Agustus 2021 sampai dengan bulan November 2021, sedangkan yang menjadi subyek penelitian adalah Rumah Makan Geprek Sako Blora. Sedangkan informannya adalah pemilik, manajer, karyawan, dan pelanggan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan teknik analisis model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh RM dalam meningkatkan omset penjualan adalah yang pertama, price yaitu menentukan harga dengan menghitung perbandingan semua pengeluaran. Kedua, product yaitu mencakup ciri khas, menjaga ciri khas, inovasi menu, menjaga daya tahan masakan, kemudahan menenemukan produk, dll. Ketiga, Promotion yaitu mencakup periklanan dan pemberian Bonus. Keempat, people yaitu mencakup SDM, dan peningkatan kinerja karyawan. Kelima, place yaitu mencakup lokasi, tempat, dan kelengkapan fasilitas RM. Keenam, Physical evidence yaitu mencakup tampilan fisik penyajian. Ketujuh, Prosses yaitu mencakup pelayanan, dan proses memasak. Selain itu, untuk mengetahui arus keuangan. RM juga menerapkan srategi pengelolaan keuangan.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Omset, Rumah Makan Geprek Sako Blora

Published

2022-08-05

How to Cite

Albin Jaya, A. I., Nurussamsiyah, L., & Nur Syafi’i, M. E. (2022). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Di Rumah Makan Geprek Sako Blora Tahun 2021Strategi pemasaran yaitu alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan. Tanmiya: Journal of Economics and Business, 1(1), 50–67. Retrieved from http://ejournal.iaikhozin.ac.id/ojs/index.php/Tanmiya/article/view/127

Issue

Section

Articles