INTERAKSI EDUKATIF GURU DENGAN SISWA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XI MA MA’ARIF RANDUBLATUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Abstract
Hubungan antara pendidik dan peserta didik mutlak diperlukan untuk menciptakan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien. Pendidik dan peserta didik merupakan komponen utama dalam pendidikan. Kedua komponen pendidikan ini harus terlibat dalam hubungan interaksi edukatif. Interaksi edukatif merupakan salah satu penunjang keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Pendidik harus mengoptimalkan prosesbelajar mengajar dan penyampaian materi melalui interaksi edukatif. Belajar mengajar merupakan suatu kegiatan yang bernilai edukatif. Interaksi edukatif juga merupakan sarana untuk memahamkan materi pelajaran kepada peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1 untuk mengetahui interaksi edukatif guru dengan siswa dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XI di MA Ma’arif Randublatung. 2 untuk mengetahui minat belajar siswa pada mata pejaran Aqidah Akhlak kelas XI di MA Ma’arif Randublatung. 3 untuk mengetahui interaksi edukatif guru dengan siswa dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XI MA Ma’arif Randublatung. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan field research. Data dan sumber data diambil dari data premiere dan data sekunder. Tehnik pengumpulan data melalui observasi partisipatif pasif, wawancara semi terstrukur, dan dokumentasi. Adapun tehnik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulai sumber dan triangulasi tehnik. Hasil penelitian menemukan 1 interaksi edukatif guru dengan siswa dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XI di MA Ma’arif Randublatung bahwa: a. interaksi edukatif mempunyai tujuan; b. mempunyai prosedur yang direncanakan untuk mencapai tujuan; c. interaksi edukatif ditandai dengan materi khusus. 2 minat belajar siswa a Ditandai dengan aktivitas siswa; b interaksi edukatif membutuhkan disiplin. 3 interaksi edukatif guru dengan siswa dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XI MA Ma’arif Randublatung bahwa: a. guru menyediakan sumber belajar; b. Guru berperan sebagai pembimbing; c. mempunyai batas waktu; d diakhiri dengan evaluasi.
Kata Kunci : Interaksi Edukatif, Minat Belajar, Akidah Akhlak
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Taufik Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.